Cara Pembaharuan Perangkat Lunak Samsung Android Via Samsung Kies

Cara Pembaharuan Perangkat Lunak Samsung Android Via Samsung Kies

Cara Pembaharuan Perangkat Lunak Samsung Android Via Samsung Kies - Flashing merupakan proses instal kembali firmware dan memperbaiki kerusakan software maupun firmware smartphone, mendapati perangkat bermasalah kemudian diatasi dengan cara instal ulang dan kembali normal. Akan tetapi setelah flash selesai, kembali normal kemudian muncul notifikasi pembaharuan perangkat lunak.

Bagi pengguna yang riskan akan munculnya notifikasi di smartphone maka akan merasa terganggu dengan hal tersebut. Mungkin bisa saja kita abaikan pemberitahuan tersebut, tapi perlu kita ketahui pula bahwa pembaharuan perangkat lunak berguna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone dengan versi firmware yang baru, tergantung pilihan kita memilih update software atau abaikan saja.

Saran tutorial186 sebaiknya lakukan update software atau pemberitahuan perangkat lunak karena dari pihak smartphone samsung menyediakan update software untuk kenyamanan kita juga dalam menggunakan smartphone, cara ini sangat mudah karena menggunakan samsung kies yang terinstal pada PC/Laptop. Koneksi internet merupakan dukungan utama, perlu dan dibutuhkan kestabilan koneksi pula dalam melakukan proses ini agar tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Berikut penjelasan cara pembaharuan perangkat lunak :
  1. Nyalakan smartphone, aktifkan USB Debugging dengan masuk ke Pengaturan>Pilihan pengembang>Mendebug USB. Baca juga : Cara Mengaktifkan USB Debugging
  2. Buka samsung kies, sambungkan smartphone ke PC/Laptop menggunakan kabel data/USB.
  3. Tunggu sampai perangkat terdeteksi samsung kies, setelah terdeteksi maka akan langsung muncul notifikasi update software dan klik OK
  4. Jika muncul notifikasi "Firmware information" lanjutkan saja klik OK dan akan muncul notifikasi pemberitahuan sebelum melakukan update, klik Update untuk melanjutkan proses pembaharuan. 
  5. Jika smartphone sudah terpakai setelah flashing dan sudah masuk akun email dan banyak aplikasi terinstal maka akan muncul notifikasi backup data dan lebih baik backup saja data-data yang penting, tapi jika smartphone yang baru di flash maka bisa lanjutkan ke langkah berikutnya. Baca juga : Cara Baskup/Restore Samsung Android Lewat Samsung Kies.
  6. Kilik "Proses with firmware upgrade", dan didalam tahap ini memerlukan koneksi dengan kecepatan internet yang stabil agar proses downloading firmware upgrade pun cepat terselesaikan. 
  7. Tunggu hingga semua proses download dan instalasi firmware selesai, maka smartphone akan otomatis masuk ke mode downloading, jangan sekali-kali mencabut kabel data/USB karena akan menyebabkan hal yang fatal, biarkan semua proses tersebut selesai dan smartphone akan restart secara otomatis. 
  8. Jika proses update software selesai seperti gambar diatas, lepaskan smartphone dari kabel data/USB dan pembaharuan perangkat lunak selesai.
Jika ingin merestore data yang ada pada samsung kies maka hubungkan kembali smartphone ke PC/Laptop. Sekian Cara Pembaharuan Perangkat Lunak Samsung Android Via Samsung Kies semoga bisa berguna, membantu dan bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar