Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Smartphone Android

Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Smartphone Android

Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Smartphone Android - Android, siapa yang tidak mengenal smartphone android. Di jaman sekarang smartphone android sudah umum digunakan banyak kalangan, untuk memodifikasi tampilan atau font pun tidak terlalu sulit bisa dengan aplikasi yang tersedia di Playstore atau bisa dengan cara melalui system android itu sendiri.

Jika kita ingin membuka akses ke system, kita memerlukan cara atau mengubah pengaturan yang ada di setting perangkat, seperti halnya jika smartphone Anda ingin disambungkan ke media aplikasi yang ada di PC/Laptop.
Contoh : Smartphone samsung yang ingin diselaraskan, mentransfer data dari atau ke komputer melalui aplikasi samsung kies, maka ada settingan yang ditambahkan atau membuka akses untuk bisa terbaca pada samsung kies yang memang memerlukan cara untuk menampilkan pilihan pengembang, atau ingin memodifikasi firmware pada smartphone juga diperlukan akses USB debugging yang akses masuknya melalui pilihan pengembang.


Pilihan pengembang untuk mengaktifkan USB debugging ini tidak ditampilkan secara umum didalam pengaturan smartphone, karena hal ini untuk yang lebih paham atau yang sudah mengenal lebih jauh tentang operating system android karena hal ini sangat beresiko pada smartphone. USB debugging di aktifkan untuk keperluan-keperluan tertentu seperti membuka file system, merubah atau meng-edit system agar lebih keren pada tampilan smartphone tanpa mengubah vendor, atau hanya ingin menyelaraskan smartphone ke PC/Laptop.

Awalnya dulu admin tutorial186.com sempat bingung untuk mengaktifkan USB debugging, setelah searching kesana-kemari akhirnya menemukan caranya dan langsung di praktekan, sejak itu memang sudah lama menggunakan cara ini untuk keperluan tertentu alangkah baiknya jika kita mempunyai ilmu atau keahlian bisa digunakan bagi banyak orang bukan digunakan untuk pribadi saja dan admin bagikan melalui postingan ini.

USB debugging bisa di aktifkan atau ditampilkan dengan cara :

  • Pertama masuk ke Pengaturan smartphone.
  • Masuk ke tentang perangkat, Pengaturan>Tentang Perangkat
  • Setelah masuk ke tentang perangkat maka akan terdapat nama perangkat, nomor model, versi android, dll. Pilih Tentang Perangkat>Nomor Versi, sentuh 3 (tiga) kali untuk menampilkan USB debugging dan tekan kembali untuk melihat Pilihan Pengembang
  • Sampai disini, jika pilihan pengembang sudah tampil maka USB debugging sudah bisa di aktifkan, silahkan pilih Pilihan pengembang>Mendebug USB
  • Centang dibagian Mendebug USB maka muncul notifikasi pemberitahuan lanjutkan dengan tekan OK
  • Dan USB debuging sudah aktif dengan ditandai tanda centang pada bagian Mendebug USB

Sekarang USB Debugging sudah aktif dan bisa dihubungkan dengan samsung kies untuk mentransfer data dari atau ke komputer, atau ingin membuka log file system. Semoga cara ini bisa berguna dan membantu pembaca, saran dan kritik atau pertanyaan silahkan komentarkan pada kolom komentar di bawah.

Load disqus comments

0 komentar