Mengatasi Komputer Blank Layar Hitam Saat Dinyalakan

Mengatasi Komputer Blank Layar Hitam Saat Dinyalakan

Mengatasi komputer blank layar hitam saat dinyalakan, Hal ini sering muncul bagi para pengguna komputer disaat ingin menyalakan komputer tiba-tiba windows tidak mau tampil dan hanya layar hitam yang ada pada monitor. Banyak faktor yang membuat blank layar hitam pada komputer baik itu pengaruh dari software maupun hardware.


Anda tidak perlu khawatir untuk mengatasi tentang permasalahan komputer dengan blank layar hitam, berikut permasalahan yang sering terjadi dan juga cara mengatasinya.
  1. Pertama nyalakan komputer, disaat blank pada layar monitor geser mouse kemana saja dan ketik sembarang tombol pada keyboard untuk mendapatkan respon ke monitor, jika tampilan pada layar monitor tetap blank hitam coba ke tahap berikutnya.

  2. Cek terlebih dahulu kabel daya beserta kabel VGA pada monitor apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak atau ganti dengan kabel yang baru, jika monitor masih bekerja dengan baik maka kemungkinan besar permasalahannya ada pada CPU.
  3. Buka CPU lihat apakah banyak debu yang menempel pada motherbood dan hardisk, jika banyak debu yang menempel maka lepaskan motherbood beserta hardisk, kipas processor dan processor. lepaskan pula RAM yang ada pada motherbood kemudian bersihkan menggunakan koas atau bisa juga menggunakan cleaning set yang khusus untuk membersikan perangkat komputer.
  4. Setelah dipastikan perangkat komputer sudah bersih dari debu yang menempel maka pasangkan kembali dan jangan lupa beri pasta atau bisa disebut juga thermal paste pada processor untuk menjaga kestabilan agar otak komputer (processor) tetap dingin dan terhindar dari overheat.

  5.  
    Baca juga : Pentingnya pasta untuk processor.
  6. Nyalakan komputer, jika tampilan windows muncul maka permasalahannya ada pada debu yang menempel pada perangkat komputer yang menyebabakan kinerja komputer menjadi terhambat. Tetapi jika komputer masih blank layar hitam maka periksa kembali apakah RAM, hardisk sudah terpasang dengan benar kalau belum yakin coba lepaskan RAM dan pasangkan kembali cek juga kabel daya dan data hardisk sudah terpasangkan dengan benar.
  7. Nyalakan kembali komputer tunggu 2-3menit sampai muncul tampilan windows, jika tampilan windows tidak berhasil muncul, restar komputer dan masuk ke BIOS coba cek hardisk dan RAM apakah terdeteksi di BIOS ada kemungkinan hardisk dan RAM tidak terdeteksi oleh BIOS maka ada komponen yang harus diganti mana yang tidak terdeteksi, misalkan hardisk coba menggunakan hardisk lain.
NB:
Menurut pengalaman admin tutorial186 yang pernah mengalami blank layar hitam pada komputer kebanyakan permasalahaannya ada pada hardisk dan pemasangan RAM yang kurang tepat, asupan daya dari power supply pun mempengaruhi yang bisa mengakibatkan blank layar hitam.

 Semoga cara ini bisa memberikan solusi untuk anda yang mengalami balnk hitam pada layar komputer, jika menurut anda masih ada kekurangan dalam postingan ini kami minta maaf. Sekian cara Mengatasi Komputer Blank Layar Hitam Saat Dinyalakan jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.

Load disqus comments

0 komentar