Cara Mengembalikan IMEI Dengan MTK Engineering

Cara Mengembalikan IMEI Dengan MTK Engineering

Cara Mengembalikan IMEI Dengan MTK Engineering - Jika smartphone mengalami invalid IMEI maka aktifitas menelpon, sms, internet tidak akan bisa dilakukan karena SIM Card tidak terbaca oleh smartphone. IMEI yang hilang bisa disebabkan karena beberapa hal, bisa karena proses flashing, instal custom rom.

Akibat dari hilangnya IMEI ini sangat fatal karena sinyal dari semua operator tidak bisa diterima, baik itu untuk menelpon, sms ataupun digunakan untuk internet, semunya total tidak bisa digunakan. Berikut admin tutorial186 akan memberikan bagaimana cara untuk mengembalikan IMEI yang hilang, sebelum melakukan pengembalian imei pastinya kita harus tahu dulu nomor seri IMEI smartphone yang akan dilakukan pengembalian.


Dan untuk mengetahui nomer IMEI yaitu dengan cara buka baterai smartphone maka akan terlihat type, model, no imei, dll. Catat nomer imei tersebut dan nomer ini yang nantinya akan dimasukan untuk pengembalian imei pada smartphone agar SIM Card terbaca.

Berikut cara untuk mengembalikan IMEI dengan MTK engineering :

  1. Unduh MTK Engineering sebagai alat repair IMEI.
  2. Extract dan instal aplikasi MTK engineering pada smartphone.
  3. Kemudian buka aplikasinya, pilih menu MTK Setting.
  4. Pilih menu CDS Information.
  5. Pilih menu Radio Information.
  6. Pilih Phone 1 untuk SIM 1 dan pilih Phone 2 untuk SIM 2.
  7. Ketik AT+E maka akan muncul beberapa pilihan, Untuk mengembalikan IMEI pada SIM 1 pilih lingkaran merah dan untuk SIM 2 pilih lingkaran biru (jika smartphone anda memiliki 2 operator, untuk pengembalian IMEI selesaikan satu persatu dahulu, selesaikan SIM 1 baru kemudian ke tahap SIM 2).
     
  8. Masukan nomer IMEI smarpthone anda, AT+EGMR=1,7,"nomer IMEI smartphone anda", kemudian pilih SEND AT COMMAND.
  9. Jika pengembalian IMEI SIM 1 sudah selesai, selanjutnya ke tahap pengembalian IMEI SIM 2 yaitu caranya sama seperti pengembalian IMEI pada SIM 1.
  10. Langkah selanjutnya jika semua pengembalian IMEI SIM 1 dan SIM 2 selesai maka restart smartphone anda.
  11. Dan jika smartphone sudah menyala silahkan cek IMEI lewat Pengaturan, pilih About Ponsel dan pilih Info, bisa juga melalui dialpad dengan menekan *#06#, jika IMEI muncul dan sesuai dengan dibelakang smartphone yang tertutup baterai maka proses pengembalian IMEI berhasil dan smartphone bisa digunakan kembali.
Sekian cara mengembalikan IMEI dengan MTK Engineering semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk smartphone anda yang mengalami invalid IMEI.




Load disqus comments

0 komentar